5 Masakan Unik Korea yang Wajib Kamu Coba



Korea memang satu tahun terakhir ini sedang hype menjadi bahan perbincangan di berbagai negara salah satunya Indonesia. Mulai dari fashion, korean idol, public figur hingga kuliner. Pada artikel ini akan dibahas mengenai masakan unik korea yang benar-benar menonjol baik di kalangan orang Korea ataupun turis.

Jika kamu penggemar negeri ginseng, pastikan kamu tidak melewatkan untuk mencoba kuliner unik khas Korea ini saat berkunjung ke negara Korea!

5 Makanan Unik dari Korea

Berikut ini 5 hidangan unik dan khas yang bisa kamu coba saat mengunjungi restoran korea di Indonesia ataupun ketika berlibur ke Korea. Penasaran apa saja rekomendasinya? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

  • Sundae

Sundae dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai “ Usus Rebus”. Sundae merupakan salah satu makanan ringan yang populer di kalangan orang Korea. Kamu bisa dengan mudah menjumpai sundae cari di sekitar jalanan Korea.

Sundae sebenarnya adalah usus sapi atau usus babi yang di rebus hingga empuk lalu kemudian dibentuk menyerupai bentuk sosis. Cara pengolahannya terbilang mudah pertama setelah usus sapi atau usus babi direbus kemudian dibumbui dengan bumbu-bumbu dasar seperti bawang merah, bawang putih, lada, kaldu sapi, sedikit perasan jeruk dan lain sebagainya.

Setelah matang dan meresap, usus kemudian di tumbuk untuk dibentuk seperti sosis. Untuk rasa tidak perlu diragukan lagi kenikmatannya ya..

  • Gopchang

Gopchang adalah sejenis makanan yang tidak jauh berbeda dengan sundae. Antara gopchang dan sundae merupakan makanan yang sama-sama berbahan dasar dari usus sapi atau usus babi. Bedanya jika, sundae diolah dengan cara di kukus/rebus, berbeda dengan gopchang yang diolah dengan cara dibakar.

Di Korea sendiri gopchang dikonsumsi bersama dengan soju (bir). Sedangkan penyajiannya hampir sama seperti ketika kamu makan lalapan, yakni ada bawang putih, bawang merah, bawang bombai, cabai, jamur dan saos.

Gopchangg menjadi kuliner yang cocok untuk kamu santap di malam hari beramai-ramai. Jika tertarik untuk mencoba gopchang saat berada di Korea kamu bisa membelinya di sekitar kawasan Busan (Gang Munhyeon Gopchang) dan di Seoul (Wangsimni Gopchang Alle).

  • Dakttongjip

Dakttongjip atau Ampela ayam  (ingat ya, ampela ayam bukan ati ayam!) adalah rekomendasi masakan unik Korea berikutnya yang tidak boleh tidak kamu coba. Dakttongjip ternyata di Korea terkenal sebagai makanan yang bermanfaat bagi kesehatan kulit dan efektif dalam meredakan mabuk.

  • Sannakji

Jika kamu adalah penggemar drama Korea pasti tidak kaget jika melihat orang Korea menyantap gurita hidup. Mungkin bagi kita terlihat menggelikan, namun di negara korea makan seafood yang masih segar seperti gurita hidup jauh lebih bernutrisi.

Sannakji atau gurita hidup sangat mudah ditemui di restoran Korea. Cara penyajian sannakji memiliki beberapa perbedaan. Ada yang menyantapnya dengan cara dipotong terlebih dahulu tentakelnya lalu disantap. Ada pula dengan cara memotong tubuh gurita hidup untuk kemudian dimasukkan kedalam mangkuk panas yang dicampur dengan minyak wijen.

  • Dakbal

Rekomendasi makanan unik Korea yang terakhir adalah dakbal. Tebal dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai kaki ayam. Sering dikonsumsi di Indonesia, jadi pastikan kamu juga akan bisa menikmati atau menyantap kuliner yang satu ini saat diolah menjadi versi makanan Korea.

Di Korea Dakbal diolah dengan cara yang mudah. Pertama kaki ayam direbus, setelah empuk diberi bumbu wijen dan saus cabai merah. Masak hingga saus mengental dan menyerap pada kaki ayam. Hmm membayangkannya saja sudah terasa lezat.

Itu tadi rekomendasi hidangan kuliner khas Korea yang unik dan populer. Bagaimana? Sudah siap mencoba makanan unik khas Korea di atas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *